Kamis, 19 Mei 2011

3D Modeling Televisi

1. Aktifkan Front viewport. Buat box dengan sembarang ukuran.
2. Di panel Modify, ubah ukuran Length = 100, Width = 200, Height = 10. Length Seg = 3, Width Seg = 5, and Height Seg = 1

 

3. Klik kanan -> Convert to Editable Mesh. Aktifkan Vertex.

 

4. Buat area seleksi seperti pada gambar

 

5. Aktifkan Select and Non-Uniform Tool. Tekan F12, lalu isi kotak Screen offset X = 120

 

6. Seleksi vertex seperti berikut ini
 

 

7. Gunakan Select and Non-Uniform tekan F12, lalu ubah nilai Y = 250
 

  
 
8. Seleksi vertex seperti berikut ini

 

9. Gunakan Select and Non-Uniform lalu ubah nilai X = 260

 

10. Sampai posisi vertex menjadi seperti ini

 

11. Aktifkan Polygon. Dari Perspective viewport, seleksi bagian ogjek yang menjadi layar televisi

 

12. Di bagian Edit Geometry, masukkan Extrude = 5, dan Bevel = -2


 

13. Hilangkan seleksi dengan mengklik sembarang di area kosong
14. Gunakan Polygon, seleksi bagian dari objek yang menjadi speaker.

 

15. Berikan nilai Extrude = 3, dan Bevel = -2
16. Dari Top viewport, buat objek cilinder
17. Di panel Modify, ubah Radius = 3, dan Height = 25

 

18. Posisikan cilinder sebagai kaki Televisi

 

19. Duplikat untuk kaki sebelahnya
20. Letakkan kedua cilinder sampai seperti ini

 

21. Dari Top viewport buat box dengan ukuran sembarang
22. Di panel Modify ubah Length = 30, Width = 150, Height = 10. Length Seg = 3, Segment Width = 5, dan Height Seg = 2
23. Apply Modifier -> MeshSmooth, masukkan nilai Iteration = 1

 

24. Letakkan box baru dibawah objek cilinder

 

25. Klik menu edit -> Select All
26. Aktifkan panel Utilities, klik tombol Collapse. Ubah nama objek menjadi Televisi

 
 

27. Aktifkan Polygon -> Seleksi layar Televisi.

 

28. Aktifkan Material Editor (M). Pilih slot kosong

 

29. Klik kotak Diffuse, pilih Bitmap.

 

30. Cari file dengan format Video (avi, mov)
31. Apply ke objek yang terpilih

 


32. Untuk melihat televisi, render sebagai Avi

0 komentar:

Posting Komentar